Thursday, October 27, 2016

Peralatan Survey: Graphometer

 
Gambar Butterfield compass graphometer
Graphometer, setengah lingkaran atau setengah bundaran adalah peralatan pengukuran yang digunakan untuk mengukur sudut. Alat ini berupa busur setengah lingkaran yang dibagi menjadi 180 derajat dan terkadang dibagi lagi dalam satuan menit. Busur tersebut dihubungkan oleh diameter dengan dua pembidik pada kedua ujungnya. Di tengah diameter tersebut dipasang suatu “kotak dan jarum” (kompas). Di bagian tengah yang sama pada alidade tersebut dipasang lagi dua pembidik. Alat ini dipasang di atas suatu rambu melalui sebuah bola dan penghubung soket.

Cara kerja alat ini adalah putaran setengah lingkaran. Untuk kemudahan, kadang-kadang dibuat garis lain pada busur tersebut setengah lingkaran dari 180 sampai 360 derajat.

Gambar Graphometer di Göttingen, Stadtmuseum, Jerman.
Bentuk tersebut dikenalkan oleh Philippe Danfrie dalam Déclaration de l’usage du graphomètre (Paris, 1597), sedangkan istilah "graphometer" telah populer di kalangan geodetis Perancis. Dalam bahasa Inggris alat tersebut lebih dikenal sebagai setengah lingkaran atau setengah bundaran.





Gambar Graphometer dengan teleskop

Beberapa graphometer pada abad ke-19 telah menggunakan teleskop bukan lagi pembidik terbuka.








Gambar Mengukur sudut dengan graphometer
Untuk mengukur sudut, misalnya EKG, letakkan bagian tengah diameter C pada puncak sudut K dengan memakai bandul yang dipasang pada titik C dari alat. Luruskan diameter dengan kaki sudut KE alidade dengan menggunakan pembidik yang ada di ujung-ujung diameter. Luruskan kaki sudut KG menggunakan sepasang pembidik yang lain, lalu baca sudut busurnya seperti yang tertera pada alidade. Kegunaan lebih lanjut dari graphometer adalah sama seperti busur derajat.



Referensi:

  1. Chambers, Ephraim, ed. (1728). "Graphometer".Cyclopedia, or an Universal Dictionary of Arts and Sciences (first ed.). James and John Knapton, et al. Pages: vol. 1 p. 179 for "Graphometer", vol. 2 p. 50 for "Semi-Circle"
  2. J. A. Bennett, "The Divided Circle" (Oxford, 1987), pp. 49-50, as quoted in the “Graphometer” article of the Smithsonian
  3. Ralf Kern: Wissenschaftliche Instrumente in ihrer Zeit. Vom 15. – 19. Jahrhundert. Verlag der Buchhandlung Walther König 2010, ISBN 978-3-86560-772-0

No comments:

Post a Comment